Beranda | Artikel
Fatwa Syeikh Shalih al-Fauzan Tentang Bermazhab - Syaikh Sulaiman ar-Ruhaily #NasehatUlama
Senin, 24 Mei 2021

Fatwa Syeikh Shalih al-Fauzan Tentang Bermazhab – Syaikh Sulaiman ar-Ruhaily #NasehatUlama

Syeikh Shalih al-Fauzan pernah berkata, -semoga Allah menjaga beliau-, dan beliau adalah salah satu gunung dari gunung-gunung ilmu, (pembawa) kebenaran dan sunnah pada zaman ini. Semoga Allah menjaga beliau dan memberikan umat Islam manfaat dari ilmu beliau.

Beliau berkata, “Bermazhab dengan salah satu mazhab dari empat mahzab, yaitu empat mazhab Ahlu Sunah wal Jamaah yang sudah dikenal, yang masih ada, terjaga dan terhimpun mazhabnya di tengah kaum muslimin, dan menisbatkan diri kepada salah satunya tidaklah mengapa, sehingga seseorang disebut Syafi’i, fulan adalah Hambali, fulan adalah Hanafi atau fulan adalah Maliki. Dan penyebutan seperti ini masih ada dan telah ada sejak zaman dahulu di kalangan para ulama bahkan ulama-ulama besar, sehingga disebut fulan Hambali, misalnya Ibnu Taimiyah al-Hambali dan Ibnul Qayyim al-Hambali.”

Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah pada awal mulanya beliau bermazhab Hambali dalam masalah ushul dan furu’, dalam masalah-masalah pokok dan cabang-cabangnya. Kemudian beliau mulai berijtihad dengan memilih pendapat-pendapat para ulama dengan tetap berpegang pada kaidah-kaidah Imam Ahmad karena menurut beliau lebih dekat dengan sunah.

Oleh sebab itulah sebagian ulama menisbatkan Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah dan karya-karya beliau kepada mazhab Hambali dan demikian pula Ibnul Qayyim. Dan yang semisalnya.” Ini adalah perkataan syeikh Shalih, “Dan yang demikian itu tidak masalah dan sekedar menisbatkan diri kepada suatu mazhab tidaklah mengapa. Namun dengan syarat bahwa dia tidak taklid pada mazhab ini sehingga dia mengambil semua dalam mazhab tersebut baik yang benar ataupun yang salah, baik yang tepat ataupun yang keliru. Dan seharusnya dia mengambil pendapat yang benar saja dan pendapat yang telah dia ketahui bahwa itu salah tidak boleh diamalkan. Maka ketika sudah jelas baginya pendapat yang benar, dia harus mengambil pendapat itu, baik pendapat itu berasal dari mazhab yang dia menisbatkan dirinya kepadanya atau berasal dari mazhab lain, …” demikian Syeikh berkata.

Bagi siapa saja yang telah jelas baginya sunah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dia tidak boleh meninggalkannya karena mengikuti perkataan orang lain. Sehingga yang boleh diikuti secara mutlak hanyalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam…

Kita mengikuti suatu mazhab selama tidak menyelisihi perkataan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam…

Apabila ada pendapat yang menyelisihi perkataan beliau maka ini adalah kesalahan dari seorang mujtahid dan wajib bagi kita untuk meninggalkannya dan mengikuti sunah dan mengambil pendapat yang kuat yang bersesuaian dengan sunah dari pendapat-pendapat para mujtahid dari mazhab apapun mereka…

Adapun orang yang mengikuti pendapat seorang imam secara mutlak, baik pendapat itu salah ataupun benar maka ini namanya adalah taklid buta.”

Selesai perkataan syeikh Shalih al-Fauzan.

=================================

قَالَ الشَّيْخُ صَالِحٌ الْفَوْزَانُ حَفِظَهُ اللهُ وَهُوَ جَبَلٌ مِنْ جِبَالِ الْعِلْمِ وَالْحَقِّ وَالسُّنَّةِ فِي هَذَا الزَّمَانِ

حَفِظَهُ اللهُ وَنَفَعَ المُسْلِمِيْنَ بِعُلُومِهِ

يَقُولُ التَّمَذْهُبُ بِمَذْهَبٍ وَاحِدٍ مِنَ الْمَذَاهِبِ الْأَرْبَعَةِ مَذَاهِبِ أَهْلِ السُّنَّةِ الْاَرْبَعَةِ الْمَعْرُوفَةِ الَّتِي بَقِيَتْ وَحُفِظَتْ وَحُرِّرَتْ بَيْنَ الْمُسْلِمِينَ

وَالْاِنْتِسَابُ إِلَى مَذْهَبٍ مِنْهَا لَا مَانِعَ مِنْهُ فَيُقَالُ فُلَانٌ شَافِعِيّ وَفُلَانٌ حَنْبَلِيّ وَفُلَانٌ حَنَفِيّ وَفُلَانٌ مَالِكِيّ

وَلَازَالَ هَذَا اللَّقَبُ مَوْجُودًا مِنْ قَدِيمٍ بَيْنَ الْعُلَمَاءِ حَتَّى كِبَارِ الْعُلَمَاءِ

يُقَالُ فُلَانٌ حَنْبَلِيّ يُقَالُ مَثَلًا ابْنُ تَيْمِيَّةَ الْحَنْبَلِيُّ وَابْنُ الْقَيِّمِ الْحَنْبَلِيُّ

شَيْخُ الْإِسْلَامِ ابْنُ تَيْمِيَّةَ رَحِمَهُ اللهُ فِي أَوَّلِ أَمْرِهِ كَانَ عَلَى الْمَذْهَبِ الْحَنْبَلِيِّ أُصُوْلًا وَفُرُوْعًا أُصُوْلًا وَفُرُوْعًا

ثُمَّ انْتَقَلَ رَحِمَهُ اللهُ إِلَى الْاِجْتِهَادِ فِي أَقْوَالِ الْعُلَمَاءِ وَالْاِنْتِقَاءِ مَعَ لُزُومِهِ أُصُولَ الْإِمَامِ أَحْمَدَ لِأَنَّهَا الْأَقْرَبُ إِلَى السُّنَّةِ فِي نَظَرِهِ

وَلِذَلِكَ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ يَنْسِبُونَ شَيْخَ الْإِسْلَامِ ابْنَ تَيْمِيَّةَ وَ كُتُبَهُ إِلَى الْمَذْهَبِ الْحَنْبَلِيِّ وَكَذَلِكَ ابْنُ الْقَيِّمِ

وَمَا أَشْبَهَ ذَلِكَ هَذَا كَلَامُ الشَّيْخِ صَالِحٍ وَلَا حَرَجَ فِي ذَلِكَ فَمُجَرَّدُ الْاِنْتِسَابِ إِلَى الْمَذْهَبِ لَا مَانِعَ مِنْهُ

لَكِنْ بِالشَّرْطِ أَنْ لَا يَتَقَيَّدَ بِهَذَا الْمَذْهَبِ فَيَأْخُذَ كُلَّ مَا فِيهِ سَوَاءً كَانَ حَقًّا أَوْ خَطَأً وَسَوَاءً كَانَ صَوَابًا أَوْ خَطَأً

بَلْ يَأْخُذُ مِنْهُ مَا كَانَ صَوَابًا وَمَا عَلِمَ أَنَّهُ خَطَأٌ لَا يَجُوزُ لَهُ الْعَمَلُ بِهِ

وَإِذَا ظَهَرَ لَهُ الْقَوْلُ الرَّاجِحُ فَإِنَّهُ يَجِبُ عَلَيْهِ أَنْ يَأْخُذَ بِهِ

سَوَاءً كَانَ فِي مَذْهَبِهِ الَّذِي انْتَسَبَ إِلَيْهِ أَوْ فِي مَذْهَبٍ آخَرَ يَقُولُ الشَّيْخُ

لِأَنَّ مَنِ اسْتَبَانَتْ لَهُ سُنَّةُ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَكُنْ لَهُ أَنْ يَدَعَهَا لِقَوْلِ أَحَدٍ

فَالْقُدْوَةُ الْمُطْلَقَةُ هُوَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

فَنَحْنُ نَأْخُذُ بِالْمَذْهَبِ مَا لَمْ يُخَالِفْ قَوْلَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

فَإِنْ خَالَفَهُ فَهَذَا خَطَأٌ مِنَ الْمُجْتَهِدِ يَجِبُ عَلَيْنَا أَنْ نَتْرُكَهُ وَأَنْ نَأْخُذَ بِالسُّنَةِ وَنَأْخُذَ بِالْقَوْلِ الرَّاجِحِ الْمُطَابِقِ لِلسُّنَّةِ مِنْ أَيِّ مَذْهَبٍ كَانَ مِنْ مَذَاهِبِ الْمُجْتَهِدِينَ

أَمَّا الَّذِي يَأْخُذُ بِقَوْلِ الْإِمَامِ مُطْلَقًا سَوَاءً كَانَ خَطَأً أَوْ صَوَابًا فَهَذَا تَقْلِيدٌ أَعْمَى اِنْتَهَى كَلَامُ الشَّيْخِ صَالِحٍ الْفَوْزَانِ


Artikel asli: https://nasehat.net/fatwa-syeikh-shalih-al-fauzan-tentang-bermazhab-syaikh-sulaiman-ar-ruhaily-nasehatulama/